Welcome to HQ's Blog

Hello World! If you've visited this blog before, welcome back. Please help me what article do you like by give it a comment. But if you're new with this blog, please feel free to stay ahead for a shortwhile, to read my articles. I assure you will get something by read it carefully. Haha...

Ok ok... By the way, this blog belongs to me, Haqqi. Yeah, that is my nickname. If you want to know about me, please read the top sidebar titled "About Me". If you want to know MORE about me, please feel free to add my Messenger (xp_guitarist) and chat with me. I am Indonesian. My English is not so good, so please don't laugh if my 'syntax' is wrong. But sometimes I will post my blog in Bahasa Indonesia (I think most of them will).

The reason I create this blog is, I want to share everything I can share. From my experience, computer program I used, my algorithms and source codes, and some useful infos and tips. So, if you want to request something I can, feel free to ask. And if you also want to share me something, I always open my hand, haha. Anyway, WELCOME TO MY BLOG!

This site is best viewed with Mozilla Firefox with resolution 1024x800 or more

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

ANNOUNCEMENT!!!

This blog is dead!!! I moved it to my new blog in http://haqqi.net. Thank you for reading this blog. Hope you will read my new blog too.


The Return of My Laptop

Feb 6, 2009

Setelah sekian lama...

Hwe hwe hwe... Sudah lama banget saia nggak posting. Waktu lihat di sidebar posting by month, rasanya konyol aja. Masa bulan Januari 2009 cuma posting 2 kali. Salah satunya grab dari forum lagi. Benar-benar nggak konsisten penulis yang satu ini. Tapi tunggu dulu, semua itu ada alasannya. Tapi apa alasannya? Eit, sabar... Pasti dijelasin kok, kalau nggak di posting ini, ya posting selanjutnya. Kalau nggak selanjutnya, ya selanjutnya lagi. Yang pasti semua masih berhubungan dengan 'dia', tepatnya 'rencana' saia yang melibatkan dua pihak, 'dia' dan tim saia. Dan yang mau saia ceritakan banyak banget, jadi butuh waktu buat nulis postingnya. Yang pasti, tulisannya harus benar-benar jelas dan terstruktur, supaya kalau 'dia' ikut baca, nggak terjadi kesalahpahaman yang bikin situasi tambah parah.

Hm.. untuk mengawali posting di kehidupan saia yang baru ini, saia mau cerita yang santai-santai aja. Tunggu, kehidupan saia yang baru?! Ya, sejak beberapa hari yang lalu, saia memutuskan untuk mengubah mindset saia dalam hidup ini. Gimana ceritanya, nanti akan ada di posting selanjutnya. Balik ke topik yang santai-santai tadi, yang mau saia bahas kali ini adalah beberapa kejadian yang mendukung munculnya 'enjoy to live' saia. Sedikit flashback, sebelum kejadian-kejadian itu, saia merasa nggak nikmat menjalani hidup. Dan saia sudah berpikir bahwa liburan saia ini akan terasa hambar. Kebanyakan disebabkan oleh hubungan saia dengan 'dia' yang semakin nggak jelas rimbanya.

Sekali lagi, ini flashback dulu. Beberapa bulan yang lalu, saiank saia terkena penyakit yang cukup parah. Tahu saiank saia kan, ya laptop saia itu, teman hidup saia yang selalu setia menemani. LCD laptop saia pecah gara-gara kecelakaan lalu lintas. Nggak perlu diceritakan dengan detail, intinya yang pasti performa saia jadi menurun. Nggak semangat coding, nggak semangat nulis buku, nggak semangat main game, nggak semangat desain website, pokoknya nggak semangat ngapa-ngapain. Saia coba bertahan untuk nggak mengganti LCD itu, tepatnya nggak bisa mengganti gara-gara harganya yang tinggi, $220 US. Yah, memang waktu itu kurs masih sekitar 9900. Tapi coba dikalikan, 22x9900=Rp2.178.000,- (terbilang:DUA JUTA SERATUS TUJUH PULUH DELAPAN RIBU RUPIAH). Jumlah yang nggak kecil untuk seorang mahasiswa seperti saia. Dan orang tua saia waktu itu juga bilang, "jangan sekarang, duitnya dipakai buat bayar sekolah adik-adik dulu". Ya udah, saia ok saja, wong pada dasarnya masih bisa dipakai. Artinya saia menunda penggantian LCD saia, yang akhirnya malah tambah parah gara-gara rate semakin mahal.

Beberapa bulan berlangsung, desperation melanda saia. Semua unsur 'nggak semangat' di atas tadi semakin menguat. Ditambah lagi, saat saia kehilangan 'dia' yang sempat mengembalikan semangat saia. Waduh, jadinya semakin parah. Akhirnya saia putuskan untuk mencari pengganti sementara dari 'saiank' saia ini. Dengan uang tabungan saia, saia putuskan untuk beli handphone baru (pinjam duit juga sih, yang ngerasa duitnya saia pinjam 500rb, thanks ya. Tunggu tanggal jatuh temponya, hehe). Browsing-browsing, cari informasi, beli tabloid pulsa, dll, akhirnya saia memutuskan untuk beli Sony Ericsson G502, hehe. Oiya, alasan tambahan kenapa saia putuskan untuk beli hp lebih cepat adalah untuk membantu saia menjalankan 'rencana' saia melalui salah satu situs social network yang 'dia' ikuti juga. Nah, pembelian hp baru ini adalah 'kejadian' pertama dari serentetan 'kejadian' lain berikutnya.

Berikutnya, setelah 'rencana' saia terlaksana dengan hasil berlebihan, saia dapat job tambahan, nulis artikel buat salah satu majalah komputer terbesar di Indonesia. Materinya, tinggal ambil dari project mata kuliah saia kemarin, Devilish Children. Gampang-gampang susah sih, masalahnya saia harus ngoprek ulang source code saia, soalnya benar-benar memalukan. Alhasil, sampai sekarang artikelnya belum selesai. Bahkan source code-nya nyaris berubah total. Tapi saia jadi bangga dengan source code saia, lebih rapi lagi. Target saia sendiri harus jadi minggu ini. Semangat!!! Nanti akan ada posting terpisah tentang job saia ini. Oiya, sebelum ini saia juga dapat 'kejadian' yang cukup membangkitkan semangat saia. Di bisnis yang saia jalani, saia dapat anggota baru yang kompeten. Dan ternyata dia kenalanku juga. Enaknya... Masa depan bisnis saia ini jadi sedikit lebih cerah.

Ok, selanjutnya nggak terlalu berkesan, tapi cukup memberi peran. Apa itu? Sebuah seminar mengingatkan saia tentang The Secret. Ya, seminar by Tantowi Yahya di kampus saia. Sebelumnya saia sedikit terlena dengan hal-hal negatif yang ada di sekitar saia. Akhirnya yang terjadi saia nggak bisa menikmati hidup saia. Padahal saia sudah nonton film-nya berkali-kali, tapi saia terlena juga. Akhirnya setelah seminar itu saia putuskan untuk mengubah mindset saia menjadi always think positive. Alhasil, sampai sekarang saia enjoy-enjoy aja, meski selalu ada rasa kangen 'dia', tapi saia terus berpikir bahwa 'dia' adalah impian saia. Saia berusaha selalu berpikir positif, termasuk tentang 'dia'. Anyway, thanks for Tantowi Yahya. Dan, perubahan mindset ini juga termasuk 'kejadian' yang mendukung munculnya 'enjoy to live' saia.

Yang bikin semangat saia semakin membara, seperti tertulis di judulnya, The Return of My Laptop. First, thanks to my mother who donates. Sekarang laptop saia sudah ada di tangan saia. Saia jadi bisa melakukan apa saja yang berhubungan dengan komputer. Rasanya dunia jadi semakin indah saja. Afirmasi positif saia semakin menguat. Blog ini juga bakal ter-update terus. Meskipun, ada rasa menyesal gara-gara harga LCD-nya semakin melambung dan LCD yang saia dapat bukan LCD yang sempurna. Gambarannya gini, harga LCD untuk MSI 12"1 tetap $220, tapi itu untuk yang sempurna. Dengan rate sekarang tinggal dikalikan saja, 220x11500=Rp2.530.000,- (terbilang:DUA JUTA LIMA RATUS TIGA PULUH RIBU RUPIAH). Wow, selisih yang cukup lumayan dengan harga sebelumnya. Tapi saia pikir itu sudah konsekuensi saia yang menunda-nunda.

Tapi, ternyata LCD yang sempurna itu sudah nggak ada lagi di Indonesia. Kalau mau pesan lagi, harus nunggu sekitar 3 bulan, itupun kalau barangnya nggak ketahan di bea cukai. Waktu orang tokonya nelpon cabang-cabangnya, ternyata ada satu stok LCD, hanya saja ada cacar 1 deathpixel. Waktu saia tanya harganya, orangnya bilang $195. Nah, dikalikan aja, 195x11500=Rp2.242.500,- (terbilang:DUA JUTA DUA RATUS EMPAT PULUH DUA RIBU LIMA RATUS RUPIAH). Tetep aja lebih mahal dari yang dulu. Tapi mau gimana lagi, sedang butuh-butuhnya, jadi ok aja. Seminggu kemudian, saia ditelepon tokonya dan siap ambil laptop saia lagi, MSI S271 yang tersayang. Enaknya lagi, saia juga upgrade RAM-nya jadi 2GB. Waktu saia coba main NDS, rasanya nikmat banget. Alhamdulillah...

Nah, ini foto laptopku pakai kamera handphoneku, waktu lagi nge-plurk, di ruang BPM, tadi pagi (Ada bayangan yang nge-foto di layarnya loh...) :

Anyway, dengan adanya saiank saia ini, saia bisa browsing-ria, downloading-ria, blogging-ria, writing-ria, dan nggak lupa gaming-ria, hehe. Untungnya death pixel-nya nggak seberapa kelihatan, jadi nggak terlalu terganggu. Ok, see you at the next post.

3 comments:

Mutiara Aisyah said...

Akhirnya yayangmu kembali... dijaga yg baik biar dia setia menemanimu berkarya..^^

Ya, semoga kapan2 km dpt gaji dollar, jd km merasakan sisi positif kalo kurs lagi naik, hehehe...

Keep Posting!

Haqqi said...

Amiin... Tapi lebih baik gaji Euro aja.. Lebih aman... Hehe...

Neo The One said...

wkwkwkw...seneng to.. jok di banting maning lho om...hehehehe...
ati2...di jaga ngono...hohohoho...