Welcome to HQ's Blog

Hello World! If you've visited this blog before, welcome back. Please help me what article do you like by give it a comment. But if you're new with this blog, please feel free to stay ahead for a shortwhile, to read my articles. I assure you will get something by read it carefully. Haha...

Ok ok... By the way, this blog belongs to me, Haqqi. Yeah, that is my nickname. If you want to know about me, please read the top sidebar titled "About Me". If you want to know MORE about me, please feel free to add my Messenger (xp_guitarist) and chat with me. I am Indonesian. My English is not so good, so please don't laugh if my 'syntax' is wrong. But sometimes I will post my blog in Bahasa Indonesia (I think most of them will).

The reason I create this blog is, I want to share everything I can share. From my experience, computer program I used, my algorithms and source codes, and some useful infos and tips. So, if you want to request something I can, feel free to ask. And if you also want to share me something, I always open my hand, haha. Anyway, WELCOME TO MY BLOG!

This site is best viewed with Mozilla Firefox with resolution 1024x800 or more

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

ANNOUNCEMENT!!!

This blog is dead!!! I moved it to my new blog in http://haqqi.net. Thank you for reading this blog. Hope you will read my new blog too.


Hitung Mundur 18 Hari

Feb 18, 2009

Minggu-minggu yang penuh ambisi

Saia lihat-lihat, sekarang sudah tanggal 18 Februari 2009. Kalau dihitung-hitung, saia sudah hidup selama 7388 hari (ngganggur yah, dihitung-hitung segala). Dan tanggal 8 Maret 2009, tinggal 18 hari lagi. Angka 18 nggak sebanding dengan 7388. Tapi di sisa 18 hari ini, saia harus bekerja extra keras, jauh dari yang telah saia lakukan selama 7388 hari sebelumnya. Ada apa dengan 8 Maret 2009? Ada apa dengan sisa 18 hari ini? Apa saja kerja keras yang harus dilakukan?

18 Maret 2009, adalah dibukanya babak penyisihan lomba yang saia ikuti. Ini pertama kalinya saia mau maju ikut lomba. Sebelum-sebelumnya, saia selalu minder kalau membayangkan gimana pesertanya nanti. Tapi sekarang, saia malah bersemangat. Kok bisa? Ada beberapa alasannya. Yang pertama, 10 tim finalis akan langsung bertanding di Bandung. Di sana saia yakin akan bertemu orang-orang hebat dari dunia IT yang berkumpul. Kedua, lomba ini diadakan oleh salah satu Universitas terbesar di Indonesia. Kalau tim saia jadi pemenang, tentu saia juga akan dilihat orang. Saia nggak akan dipandang sebelah mata lagi. Terlebih lagi, jalan beasiswa ke luar negeri pasti semakin terbuka. Ketiga, saia jadi sedikit lega karena tim saia bisa diandalkan. Orang-orang terbaik di kampus saia berada satu tim dengan saia. Bisa dibilang saia yang paling "cupu" diantara mereka.

Kenapa saia bilang begitu? Untuk algoritma, saia masih ada rasa percaya diri. Tapi lomba algoritma kali ini menggunakan bahasa C, C++,atau Pascal. Dan saia hanya sedikit bisa bahasa Java. Wah, saia harus belajar nih, dari nol. Soalnya saia nggak mau jadi beban untuk anggota tim yang lain yang sudah mahir pascal dan lainnya.

18 hari, waktu yang singkat dibandingkan dengan 7388 hari. Sebenarnya ini waktu yang cukup kalau "hanya" untuk mempelajari bahasa C++. Celakanya, di 18 hari ini saia serasa diberondong aktivitas. Yang pertama, kuliah sudah dimulai. Mau nggak mau untuk memenuhi standart kehadiran, saia nggak bisa bolos meski pelajarannya sudah saia mengerti. Waktu saia jadi saia spend ke kuliah, 18 sks dikali 1 jam, berarti 18 jam seminggu, ditambah mandarin 2 jam, dan aktivitas lain-lain, anggap saja 30 jam saia spend buat kuliah.

Kegiatan organisasi, semester ini BPMU bakal jadi super sibuk, terutama gara-gara satgas pemutihan poin. Ada jatah 2 hari untuk prodi saia, dan sai termasuk petugasnya. Itu berarti saia harus spend waktu untuk kegiatan ini tanpa memegang komputer atau belajar C++ sama sekali. Belum lagi komisi organisasi saia, bakal ada rapat dan rapat berulang kali untuk membuat blue print keorganisasian tahun-tahun berikutnya.

Band saia, lagi nggak stabil. Pinginnya cepet-cepet rekaman, nggak ada yang niat ngumpukan dana. Jadinya pakai software drum loop. Nggak tahu gimana hasilnya nanti. Dan parahnya, saia sama sekali belum mikir gimana aransemen untuk bagian saia. Sudah lama saia nggak pegang gitar listrik saia gara-gara kesibukan saia. Vokalisnya juga lagi pulang kampung seminggu ini. Belum lagi kalau sulit ketemuan gara-gara kesibukan kuliah masing-masing.

Kerjaan saia, desain website belum kelihatan progress-nya. Padahal saia sudah cari-cari desainer sebanyak mungkin. Jadinya malah membuat mereka menunggu lagi lebih lama. Kerjaan saia yang lain, bikin artikel dari Devilish Children. Sampai sekarang, ngerombak source code-nya belum selesai. Malah tambah bingung gimana men-decode source code saia jadi sebuah artikel yang bagus. Gimana caranya biar pembaca nggak bingung. Tadi sempat ke ruang kemahasiswaan, saia lihat PC Media bulan maret sudah keluar. Padahal sekarang masih tanggal 18 Februari 2008. Berarti artikel saia ini kalau nggak bulan april yang mei. Lama sekali yah...

Jadi, selama sisa 18 hari ini, saia harus belajar C++, sambil selesaikan artikel saia, bersamaan dengan tugas organisasi, sambil ngoprek-ngoprek website, sedikit main-main gitar, dan nggak lupa dipusingkan dengan rutinitas kuliah. Bayangkan, 18 hari!!! Itu pun nggak penuh 18 hari. Saia harus belajar C++ sampai titik kelopak mata penghabisan. Maksudnya??? Bisa-bisa saia nggak tidur. Tadi malam (pagi) saja saia tidur jam 3. Jadinya sekarang ngantuk berat. Belum lagi kuliah hari ini yang katanya seperti dongeng sebelum tidur. Aduh...

Tapi, saia harus bisa. Dengan persoalan feel yang jadi cobaan saia juga, saia akan berjuang untuk survive dalam sisa 18 hari ini. Saia akan meraih impian saia. Mumpung lagi semangat-semangatnya menikmati hidup. Banzai!!!

2 comments:

Anonymous said...

1st Comment nih..

rutinitas seabrek, di berbagai bidang.. Weitsz.. Salute!!
Smangad, Prend..

Haqqi said...

Smangadh!!!

Always in miracle...
Always in ambition...
Always in hope...
Always in vision...

Sesibuk apapun, kalo seneng melakukannya pasti tetep nikmat kok...