Welcome to HQ's Blog

Hello World! If you've visited this blog before, welcome back. Please help me what article do you like by give it a comment. But if you're new with this blog, please feel free to stay ahead for a shortwhile, to read my articles. I assure you will get something by read it carefully. Haha...

Ok ok... By the way, this blog belongs to me, Haqqi. Yeah, that is my nickname. If you want to know about me, please read the top sidebar titled "About Me". If you want to know MORE about me, please feel free to add my Messenger (xp_guitarist) and chat with me. I am Indonesian. My English is not so good, so please don't laugh if my 'syntax' is wrong. But sometimes I will post my blog in Bahasa Indonesia (I think most of them will).

The reason I create this blog is, I want to share everything I can share. From my experience, computer program I used, my algorithms and source codes, and some useful infos and tips. So, if you want to request something I can, feel free to ask. And if you also want to share me something, I always open my hand, haha. Anyway, WELCOME TO MY BLOG!

This site is best viewed with Mozilla Firefox with resolution 1024x800 or more

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

ANNOUNCEMENT!!!

This blog is dead!!! I moved it to my new blog in http://haqqi.net. Thank you for reading this blog. Hope you will read my new blog too.


Speedy Menunjukkan Belangnya

Apr 23, 2009

Speedy speedy speedy, just another complaint
Baru beberapa hari langganan speedy, hal menjengkelkan yang sering dikatakan orang-orang terjadi juga. Sering saya dengar kalau speedy tuh cepet di awalnya doank, tapi kalau udah agak lama, menurun drastis. Awalnya sih, saya berpikir itu wajar kalau ada banyak orang yang pake speedy. Saya juga berpikir seperti itu juga karena dulu saya belum langganan speedy. Jadi, saya easy going aja.

Nah, saking ngebetnya orang tua saya nyoba internetan (termakan trend), saya disuruh cari info tentang koneksi yang murah dan cepet. Kalau saya sih, mikirnya yang jenis IM2, Matrix broadband, atau Telkomsel Flash yang bisa saya bawa kemana-mana. Tapi harganya terbilang cukup mahal dan modemnya juga hampir 1 juta. Emang bisa sih pake HP saya, tapi kan jadi nggak bisa komunikasi kalau lagi online. Bisa repot saya.

Nah, waktu itu (sekitar 2 minggu yang lalu), mama saya ditawari paket speedy khusus anggota NU (Nahdlatul Ulama). Sama sih, paket 50 jam, tapi dengan harga cuma 50 ribu tiap bulannya. Karena lumayan murah, jadi milih pake speedy ini aja. Toh, seharian saya juga lebih sering online di kampus yang internetnya super lambat. Nggak lama assign paket 50 jam, teknisinya masang di rumah saya.

Awalnya, sejak pertama kali pake, saya bisa sedikit lega sama speed downloadnya. Saya nggak ngomong bandwidth secara keseluruhan, saolnya itu bisa dilihat dari speed download yang notabene kurang lebih 10% dari bandwidth keseluruhan. Lumayan lah, pake IDM bisa tembus sampe 80KBps. Sekedar info, rumah saya itu di Perumahan Villa Sengkaling, Kota Malang yang indah dan asri (halah). Paling nggak bisa buat download file yang agak besaran dikit, nggak kayak kampus saya yang sekarang udah super lemot. Ok, selama beberapa hari, saya cukup puas dengan speed seperti itu. Lagian juga bisa dipake bareng 2 komputer (desktop sama laptop di rumah).

Nah, kelemotan speedy udah mulai terasa tadi malam. Waktu streaming video di metacafe, awalnya sih cepet, nggak usah nunggu dulu langsung nontong sembari streaming. Tapi begitu agak lama, kok rasanya jadi super lambat yah. Yah, mungkin karena malam-malam, jadi banyak yang pake. Udahan dulu lah.

Tapi pagi ini, waktu saya nulis posting ini, saya coba download komik di stoptazmo, yang biasanya sampe 80KBps itu, sekarang jadi turun lebih dari setengahnya. Entah kenapa, sekarang download speed-nya nggak bisa lebih dari 30KBps. Bagi pengguna internet yang sekedar browsing, mungkin nggak kerasa (ex: ortu saya). Tapi buat saya, yang notabene seorang downloader, penurunan speed ini benar-benar mengecewakan.

Ini belum sampe sehari sejak saya merasakan penurunan speed. Moga-moga aja ini cuma gangguan yang terjadi sementara. Tapi kalau ini berlangsung sampe tanggal jatuh tempo pembayaran pertama, saya nggak akan tinggal diam gitu aja. Kalaupun complain nggak memberi perubahan, ya toh tinggal pilih yang lain. Sekarang kan ada banyak pilihan provider yang lumayan cepet dan murah. Ada Telkomsel Flash (punya telkom juga sih), Matrix broadband, IM2, atau provider-provider lain yang lebih bisa diandalkan. Nggak usah terlalu tergantung speedy lagi kalo emang speedy udah nggak bisa lagi diandalkan. Mana yang katanya upto 1MBps??? Kalau perusahaan yang punya harga diri, iklan gituan harus dipenuhi donk. Sekarang siapa yang pernah ngerasain speedy sampe 1MBps???

Sementara ini, saya cuma bisa koar-koar lewat blog. Entah customer service speedy-nya ngebaca blog ini atau nggak, yang pasti saya sudah mengutarakan kekecewaan saya. Kesimpulan sementara, ternyata yang selama ini dikatakan orang-orang itu ada benarnya. Speedy cuma bagus di awalnya aja, tapi menampakkan belangnya di tengah-tengah kebutuhan internet. Kalau gini, kapan kita bisa percaya sepenuhnya sama produk dalam negeri???

4 comments:

Bibay said...

Saya sering denger keluhan kaya gitu. tapi heran, kok tetep aja banyak yang pake speedy ya? Susah memang, biaya mahal infrastruktur payah. Saya ga ada internet si di rumah, jadi ga bisa ngasi saran mana yang bagus.

Ngomong-ngomong mas, saya kalo download dari stoptazmo ko sering banget putus di tengah jalan ya? Tau2 speednya jadi 0 dan akhirnya failed. Apa ada setting yang harus diutak-atik?

Haqqi said...

Ya gitu itu, masalahnya ini kan bukan saya pake pribadi, tapi keluarga. Jadi nurut aja sama mintanya ortu, mumpung lagi ada potongan. Kalau saya suruh milih sih, pasti yang lebih portable n speed-nya stabil. Udah ada bayangan sih, cuma lagi ga ada budget.

Dari stoptazmo, emang kalo download speed-nya di bawah 30 sering rto (request time out). Ditambah lagi gak support resume, jadi ga bisa dilanjutin. Emang gitu, aq juga sebel, tapi mau gimana lagi, source yang lengkap ya di situ. Biasanya kalo failed ya aku retry download lagi.

dreammaker said...

ya kantor udah pake setaun pertama speed banget tp sekarang pake idm aja cuma 10-18>_<

god name goes online said...

bibay:
iklannya!!
lucu.. iklan yg dipake (taksi yg salah masuk) jutru adalah keadaan speedut sendiri

haqqi:
jgn pake download sekaligus banyak
*yg split2 itu lho

btw.. 10-18 itu KB?