Welcome to HQ's Blog

Hello World! If you've visited this blog before, welcome back. Please help me what article do you like by give it a comment. But if you're new with this blog, please feel free to stay ahead for a shortwhile, to read my articles. I assure you will get something by read it carefully. Haha...

Ok ok... By the way, this blog belongs to me, Haqqi. Yeah, that is my nickname. If you want to know about me, please read the top sidebar titled "About Me". If you want to know MORE about me, please feel free to add my Messenger (xp_guitarist) and chat with me. I am Indonesian. My English is not so good, so please don't laugh if my 'syntax' is wrong. But sometimes I will post my blog in Bahasa Indonesia (I think most of them will).

The reason I create this blog is, I want to share everything I can share. From my experience, computer program I used, my algorithms and source codes, and some useful infos and tips. So, if you want to request something I can, feel free to ask. And if you also want to share me something, I always open my hand, haha. Anyway, WELCOME TO MY BLOG!

This site is best viewed with Mozilla Firefox with resolution 1024x800 or more

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

ANNOUNCEMENT!!!

This blog is dead!!! I moved it to my new blog in http://haqqi.net. Thank you for reading this blog. Hope you will read my new blog too.


Mencari Inspirasi

Apr 14, 2009

Akhirnya posting juga setelah sekian lama

Gara-gara over estimate blog sendiri, saya jadi over hati-hati kalau mau nulis posting. Yang awalnya nulis sekedar over yang ada di otak, sekarang jadi over mikir-mikir ide yang harus bagus. Sampai-sampai over berpikir mau nulis serba IT, bisa-bisa pembaca yang over nggak tahu malah minggat entah kemana. Dan parahnya, jadi malah nggak sesuai kata hati. Yang waktu pingin nulis bukan tentang IT, jadi terpaksa over mengurungkan niat.

Oke, karena sudah sadar ke-over-an saya, saya putuskan untuk mengganti kata ganti orang pertama dari "saia" menjadi "saya". Nggak ada alasan khusus, tapi cuma karena pingin kembali ke jalan yang benar aja (meski vocab lain masih semrawut). Yah, itulah blogging. Nggak ada aturan khusus gimana cara nulis yang benar, harus nggaknya ngikuti kaidah bahasa yang benar, dan apa batasan-batasan topiknya. Nah, itu udah nggak penting. Yang mau saya bahas di posting kali ini bukan tata krama blogging, tapi sharing saya dalam mencari inspirasi.

Inspirasi, sebuah kata yang memiliki arti abstrak (bilang aja kalo nggak tahu). Oke oke, saya lagi males cari sumber darimana kata inspirasi itu berasal, tapi itu nggak penting. Apa sih inspirasi itu? Menurut saya, inspirasi adalah sesuatu yang kita butuhkan saat kita ingin memulai sesuatu, atau bagian dari sesuatu. Sedikit mirip dengan ide atau gagasan, tapi inspirasi adalah sesuatu yang memicu munculnya suatu ide. Jadi, bisa dianggap inspirasi adalah cikal bakal dari ide yang ada di otak kita, hanya saja inspirasi bersifat abstrak.

Saya nggak mau membahas terlalu detail tentang inspirasi, yang ingin saya share di sini adalah cara saya dalam mencari inspirasi. Beberapa waktu yang lalu, konsentrasi saya benar-benar terbagi dua. Satu sisi saya jadi mahasiswa IT yang suka coding, di sisi lain saya jadi gitaris dari sebuah band. Sedikit kerasa susahnya cari inspirasi yang seimbang di kedua sisi tersebut. Tapi, ternyata caranya sebagian besar sama.

Yang biasanya saya lakukan pertama kali adalah mandi. Setelah mandi, kepala akan terasa dingin dan memudahkan kita untuk berpikir jernih. Setelah itu, saya ambil gitar tua di ruang tamu terus saya mainkan. Pada saat itulah, disamping saya melegakan pikiran dengan musik, saya mencari inspirasi untuk musik saya. Kalau sedang bosan cari inspirasi musik, saya sambil berpikir ide-ide lain di dunia IT saya.

Cara lain adalah memandang alam. Pada malam hari, kalau sedang di luar rumah, biasanya saya sering banget lihat langit malam (kalo cerah). Rasanya enak banget memandang bintang-bintang yang sepertinya tersusun secara random. Mungkin pake class Random punya Java yah, haha. Entahlah, pokoknya pikiran saya jadi lebih tenang waktu saya ngelihat langit malam. Salah satu impian saya adalah membangun rumah yang punya balkon tanpa atap. Jadi kalau tiduran, langsung ngelihat langit. Yah, mirip-mirip kayak yang di film Bed Time Stories lah.

Selain itu, biasanya saya juga merenung sambil mendengarkan musik-musik yang lagi saya suka dengarkan. Pada saat itu juga saya bisa mendapatkan berbagai inspirasi. Memang, lebih banyak inspirasi tentang musik. Tapi ada juga inspirasi tentang programming yang keluar waktu dengerin musik.

Nah, itu beberapa cara saia mencari inspirasi di kesendirian. Tapi inspirasi juga bisa didapat dari bersosialisasi. Gampangnya, ngobrol bareng temen-temen yang satu tujuan. Toh sebelum menentukan ingin mencari inspirasi tentang apa, kita juga mikir tujuan kita nyari inspirasi. Pasti deh, setelah ngobrol ngalur-ngidul sama temen yang satu tujuan tadi, apalagi kalau temennya itu banyak omong, pasti banyak ide bermunculan. Kayak ide yang baru kemarin muncul di otak saya, tentang project bikin game yang baru.

Kembali ke pencarian inspirasi di kesendirian, cara klasik yang paling ampuh dalam mencari inspirasi, saya rasa pembaca sudah pada tahu dan mengalaminya. Apa hayo??? Yup, inspirasi pasti banyak muncul saat kita -ups, maaf- BUANG AIR BESAR, apalagi dalam waktu yang lama. Hahaha... Sapa yang nggak ngaku, hayo jujur...

2 comments:

nothing said...

mlaku mlaku nang pasar manuk, pasti muncul banyak ide dan inspirasi

Haqqi said...

@nothing: Wahaha... Iya iya... setuju juga. Sayangnya aku nggak suka burung.