Welcome to HQ's Blog

Hello World! If you've visited this blog before, welcome back. Please help me what article do you like by give it a comment. But if you're new with this blog, please feel free to stay ahead for a shortwhile, to read my articles. I assure you will get something by read it carefully. Haha...

Ok ok... By the way, this blog belongs to me, Haqqi. Yeah, that is my nickname. If you want to know about me, please read the top sidebar titled "About Me". If you want to know MORE about me, please feel free to add my Messenger (xp_guitarist) and chat with me. I am Indonesian. My English is not so good, so please don't laugh if my 'syntax' is wrong. But sometimes I will post my blog in Bahasa Indonesia (I think most of them will).

The reason I create this blog is, I want to share everything I can share. From my experience, computer program I used, my algorithms and source codes, and some useful infos and tips. So, if you want to request something I can, feel free to ask. And if you also want to share me something, I always open my hand, haha. Anyway, WELCOME TO MY BLOG!

This site is best viewed with Mozilla Firefox with resolution 1024x800 or more

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

ANNOUNCEMENT!!!

This blog is dead!!! I moved it to my new blog in http://haqqi.net. Thank you for reading this blog. Hope you will read my new blog too.


Devilish Children di PC Media

Mar 19, 2009

Artikel pertama saia yang terbit di media nasional

Masih ingat game saia yang saia posting dengan judul Devilish Children??? Game yang saia garap untuk tugas salah satu mata kuliah saia ini, ternyata bisa sampai media nasional loh. Emang sih, bukan usaha sendiri, tapi dengan adanya relasi. Tapi saia bener-bener nggak nyangka kalo game ini bisa multi fungsi. Yang awalnya hanya ide untuk menyenangkan diri sendiri dengan coding di depan laptop, yang setelahnya saia masukkan sebagai tugas akhir mata kuliah algoritma 2, yang kemudian buat ngisi blog saia ini, dan ternyata diminta untuk nulis artikelnya untuk media nasional ini, dan belum berhenti sampai situ, tugas mata kuliah semester 4 ini ternyata juga bisa memanfaatkan game ini.

Kembali ke topik, gimana bisa game ini sampai di media nasional? Media nasional yang manakah? Dibuat dalam bentuk apa?

Saia bikin game ini saat saia sama sekali belum mengenal bahasa pemrograman Java. Niatnya sih, sambil belajar tapi juga main-main. Coba-coba mengimplementasikan obsesi dan ide dalam sebuah karya bernama GAME. Nggak mau rumit-rumit mikirin ide gila dulu, saia terinspirasi sama game dari SEGA yang dulu sering saia mainkan. Akhirnya saia decide untuk membuat game ini. Nah, kebetulan tugas akhir mata kuliah Algoritma 2 saia adalah membuat sebuah project pakai bahasa Java. Saia masukkan saja proposal untuk game ini.

Setelah selesai nggarap versi awal game ini, dengan berbagai macam bug dan source code yang saia sendiri nggak enak ngebacanya, saia dapat nilai 90 untuk tugas akhir itu. Dengan source code yang nggak karuan karena nggarapnya cuma dalam 2 hari, saia jadi nggak tega untuk posting source-nya di blog. Akhirnya kan cuma saia posting hasil akhirnya saja.

Saia sih kepingin bikin ulang dengan source code yang lebih rapi. Tapi apa daya, penyakit "males" udah melanda. Akhirnya source code-nya tergeletak nganggur tak terurus. Beberapa bulan kemudian, datang tawaran dari dosen saia lewat YM. Beliau tanya, mau nggak saia nulis artikel buat majalah komputer PC Media? Wah, PC Media??? Majalah komputer terbesar se-Indonesia??? Ya, ini yang saia maksud sebagai media nasional. Katanya beliau diminta untuk mengisi rubrik Know-How|Coding. Maklumlah, beliau kan sudah punya nama di dunia tulis-menulis bidang IT. Kata beliau lagi, topiknya bisa membahas game buatan saia itu. Kan jadi nggak usah mikir ide lagi.

Saia langsung mengiyakan tawaran itu. Itu berarti, ada beberapa hal yang harus saia lakukan. Yang pasti, jelas bikin ulang source code-nya. Karena source code yang lama benar-benar terlalu memalukan untuk dibaca orang se-Indonesia, apalagi programmer. Bisa diketawain habis-habisan saia ini. Dan yang pasti, pembuatannya harus benar-benar terstruktur supaya layak untuk jadi sebuah artikel dan bisa dibaca orang awam.

Ternyata pembuatannya lumayan memeras otak. Sering banget saia begadang dengan window NetBeans 6.5 tampil di laptop saia, menemani malam yang sepi. Bahkan ketiduran pun laptop saia tetap menyala, dan waktu bangun ya tetap melihat layar dengan jendela NetBeans itu. Sambil bikin ulang source code, sambil nulis artikelnya. Nggak nyangka juga kalau game yang awalnya cuma saia buat dalam dua hari ini bisa menyita sebagian besar waktu saia. Soalnya saia harus sebisa mungkin menerapkan konsep OOP (Object Oriented Programming) dalam game ini. Terlebih lagi dengan kegiatan saia yang kebetulan lagi padat, seperti yang saia posting di Hitung Mundur 18 Hari.

Awalnya, saia pikir satu atau dua seri (masing-masing sekitar 6-8 halaman) bakalan cukup atau bahkan lebih. Tapi ternyata, setelah selesai, jadinya malah 3 seri dengan jumlah halaman masing-masing sekitar 10 halaman (dengan format word 2007). Setelah selesai semuanya, saia kirimkan ke dosen saia itu dan langsung di kirim ke kantor PC Media. Dari awal saia sudah tahu dan sudah diberitahu kalau nama yang tercantum bukan hanya nama saia, tetapi juga nama dosen saia. Wajarlah, saia kan belum jadi apa-apa.

Beberapa hari kemudian, saia dapat konfirmasi. Artikel saia bakalan dimuat selama 3 bulan (3 edisi) berturut-turut mulai bulan April 2009 sampai Juni 2009. Wah, senengnya bukan main. Kalau nggak salah, waktu itu saia lagi persiapan manggung di Saboten. Saia langsung senyum-senyum sendiri, sampai teman saia pada bingung kenapa. Layout dasar hasil editannya yang bakal dicetak juga sudah dikirim ke email saia. Tertulis nama pengarangnya adalah Windra Swastika dan M. Fauzil Haqqi, dengan tagline di bawahnya adalah Universitas Ma Chung.

Berarti ini artikel pertama saia yang masuk media nasional, dan saia bangga. Ternyata saia juga bisa memiliki perasaan bangga akan kerjaan saia. Dan artikel ini juga bisa diakses online di web-nya PC Media, tapi tentu saja setelah edisi berikutnya keluar, biar nggak merugikan penjualan hardcopy-nya kan...

Huft, sebenarnya saia menahan diri sejak lama, kepingin posting ini jauh-jauh hari, tapi saia tunggu dulu momen yang pas dan sekalian posting source dan hasil pembuatan ulang Devilish Children ini. Thanks buat dosen saia yang memberi saia peluang ini. Nggak lupa, thanks juga buat yang ngegambarin karakter Devilish Children, Mas Amri dari warpul celaket Malang, wahaha... Nggak lupa juga, buat seseorang yang secara nggak langsung memberikan pressure yang bisa membuat saia mengeluarkan manajemen stress terbaik saia sehingga saia bisa nyelesaikan versi pertama dalam 2 hari saja, thank berat. Pokoknya thanks buat semua yang nggak menghambat pekerjaan saia ini. Tapi, saia rasa nggak ada yang menghambat kok. Jadi, terima kasih buat semuanya.

Bagi pembaca PC Media yang tertarik dengan artikel saia, atau paling nggak kepingin ngoprek-oprek source code yang sudah jadi, bisa download di sini:
Link download source

Atau yang cuma pingin nyoba-nyoba hasil jadi game sederhana ini, bisa download di sini:
Link download program jadi

Untuk user manualnya, bisa baca di posting Devilish Children yang sebelumnya. Tampilan di versi yang baru ini sedikit berubah, tile-nya jadi lebih kecil, biar bisa kelihatan banyak karakter di satu window. Saia sih kepinginnya ngelanjutin game ini, tapi jelas nggak bisa kalau cuma saia sendiri. Saia butuh banyak partner yang sama-sama niat. Kalau ada yang mau join atau yang mau ngajak project lain, tinggalin comment atau chat via YM saia aja.

Anyway, semua yang baca posting ini, segeralah beli PC Media edisi April-Juni 2009 bersama saia dalam artikel Membuat Game Strategi Sederhana Menggunakan Java dan NetBeans. Hehehe...

29 comments:

Mutiara Aisyah said...

wowww!! Majalah komputer terbesar se-Indonesia....

dahsyat,,,

tunggu aja,,aq akan mengikuti jejakmu... =DD

^HaPpiLy uMy^ said...

mas haqqi kereeennn!!!
tunggu traktirannya aja deh...^x^

Dede Nurhidayat said...

Mas....

saya nih bocah yang mo icip programming...

Top mas artikel di PC medianya....

gak sabar mau baca yang selanjutnya...

pesannya buat mas haqqi, download netbeansnya nyiksa mas...

yang bener yang mana ya ?

Java SE or Java FX or Java or all platform ??

Uenak'e yang mana mas ??

sekalian donk minta tipsnya buat ngerapiin blog...

Salam sukses aja deh, lebih di detail-in lagi artikel di PC medianya.

CayooOOOOooo.....

Haqqi said...

@Tiara: Ok2, tak tunggu pengejaranmu

@Umy: Gak pake traktiran

@Dede: Wah, kamu pembaca pertama yang ninggal comment di blogku. Java-nya pake yang SE (Standart Edition), buat yang desktop.
Artikel selanjutnya, tunggu yah di edisi berikutnya. Kalo tips buat ngerapiin blog, aku cuma browsing2 aja, trus utek2 standart. Aku belum seberapa bisa web programming. Kalo pendetailan artikel, aku rasa udah cukup detail, tapi kamu emang harus ngerti dasar programming dulu, kayak looping dan sentinel lainnya.

Berillium04 said...

wah keren2...
ternyata yang bikin masi muda, arek malang meneh... hehe

aku kemaren baru beli majalahnya, trus katanya sourcenya bisa didonlot disini.. jadi aku kunjungi deh, sekalian
*pingin donlot dulu* pengen belajar juga
sama ga kayak bhasa C++?? soalnya blum pernah belajar java...

tukeran link yuk...

Haqqi said...

@berillium04:
Yah, ni masih belajar juga. Kalo masalah bahasa, syntax-nya mirip2. Tapi agak beda dikit. Coba aja belajar, sapa tahu bisa jadi tim. Kalo mau ngobrol2, add YM-ku aja...

David Setiabudi said...

Kereeen! Saya turut mendukung anda mengembangkan game Indonesia!

Saya ga ngerti pemrograman dengan bahasa JAVA (yang anda gunakan kan?), saya pakai bahasa pemrograman Director Lingo. Saya bikin game stretegi juga, tetapi buat PC.

Mohon komentar sifu HQ:
Preview http://www.divinekids.com/dksf-preview.jpg
Download GRATIS di
http://www.divinekids.com

Teruskan perjuangan anda.

javax said...

ckckck..mantaps..boleh juga..

oh iya anaq japanese juga yah??

diliat dari foto2nya suka bawa2in lagu jepang?

nama bandnya apa nih?

Haqqi said...

@David Setiabudi: Wah, saya malah nggak ngerti bahasa Lingo. Ntar saya coba lihat-lihat lah gimana bahasanya.

Iya, sebelumnya saya sudah visit web anda, nggak kalah keren. Malah sudah bikin 50 game lebih. Ditambah lagi artist-nya juga anda. Btw, anda dapat link blog ini dari mana? Saya sudah add YM anda, siapa tahu bisa bagi-bagi ilmu.

@javax: Ah, masih belajar bro. Yup, sering main jepang-jepangan. Nama band-nya Akatsuki, tuh ada di posting sebelumnya. Anda dari mana yah? Suka jepang2an juga?

javax said...

ooo..akatsuki..

w anaq gamedevid..

n anaq komunitas jepang2an juga,so pasti suka banget ma jejepangan..hehe..

Haqqi said...

@javax: Ow... anak komunitas jepang juga yah. Kalau boleh tahu, komunitas jepang kota apa yah. Gw komunitas musik jepang Malang, namanya J-Zone.

Bibay said...

halo mas, saya baca artikelnya di PC media :DD

kebetulan lagi belajar Java di kampus, terus ikut GameDev juga di kampus. Biasanya pake XNA, tapi sama senior disuruh buat pake Java(OpenGL sih, tapi dasarnya aja masi bingung hehe). Terus ada tugas buat game juga, jadi artikelnya sangat mebantu mas hehehe :DD

Oia mas, mau numpang nanya dikit soal NetBeans. Saya pernah download netbeans yang paling baru, tapi pas mau diinstall ada pesan kalo JDKnya not found. suruh pake instruksi --javahome apaaaa gitu. Pake netbeans 5.5 bisa sih, tapi kurang asik hehe.

Haqqi said...

@Bibay: Wah, thanks udah baca. Gw juga masih baru belajar Java kok. Kalo boleh tahu, Bibay di kampus mana nih?

Haduh, malah gw yang nggak bisa XNA. Berarti bisa sharing nih. Enak yah di sana ada GameDev-nya. Di kampus gw nggak ada tuh.

NetBeans yang terbaru, paling nggak ada 2 jenis. Ada yang include Java, ada yang nggak. Kalo yang nggak include java, harus install sendiri JDK yang bisa di download di websitenya SUN. Coba aja deh.

Bibay said...

Haha gamedevnya juga belum resmi kok mas. sebenernya lebih ke kumpulan mahasiswa yang tertarik buat game terus ngumpul jadi satu. ruangannya aja masih numpang hehe. saya UI mas.

XNA juga baru belajar kok. Kalo senior yang bikin suru liat ngerti, kalo bikin sendiri puyeng haha.

Nah itu dia masalahnya mas. Saya udah install JDKnya. Tapi ntar coba cek ke sitenya lagi deh.

Alima Paramitha said...

wah,!!

keren!
keren!

mas punya YM gak??
saya mau belajar juga dong!
boleh gk??
alima_oke@yahoo.co.id

hehehe....
walau masih SMP, saya sudah tertarik!

sekarang saya lagi bikin game,
tapi, masih baru make RPG Maker,
baru mo nyoba-nyoba java, eh,
ngeliat tentang artikelnya
di PC Media!!

Hebat!!
dan, mohon bantuannya ya mas!
Thx...

Anonymous said...

terima kasih atas tutorial Devilish Childrennya ya

Anonymous said...

kk, koq link buat source codenya "error" ???
gimana donk ???

Haqqi said...

Nggak tuh, bisa kok... Ni gw coba dari comp gw bisa...

Unknown said...

K HQ's klo mw unduh netbeans dmn
oya pk java nobrp

Haqqi said...

Download netbeans di www.netbeans.org

Kalo java-nya mending pake yang paling baru sekarang aja... Aku lupa pake java yang update berapa, pokoknya java 2.

Anonymous said...

wahhh. sy dah baca listingnya tp gak ngerti

Unknown said...

sy males dwnlod nb soalnya lama trus pas dah dwnload java nunggu lama lagi jd di cancel
sekarang lg coba2 sama XNA Game Studio 3.0 teman k hq ada yang tau gak cara pakenya

Haqqi said...

yah, emang koneksi di Indo ini luar biasa lemot... Jadi pada males download deh. Padahal di negara tetangga, wifi aja udah 5MBps. kapan indo bisa gitu... moga2 wimax bisa ngasih lebih baik.

XNA? yang buatan microsoft itu kan... Aku pingin nyoba2, tapi bahasanya pake C# sih... Java aja belum perfect, kalo belajar C# malah puyenk... hehe...

Unknown said...

a:-iya


Question: klo basa python ngerti gak? (maksudnya bukan ular)

oya titip pesan bwt PC Media ya
pesannya tolong masukin netbeans di on the discnya

klo Game DIVINE Kids buatnya pake program apa

Muslim Aswaja said...

oi..mas haqqi,saya tahu alamat web ini dari PC media loh.Tertarik soalnya katanya ada source code-nya.

Bisa buat javagame(J2ME) nggak?
soalnya aku tertarik buat game HP.

kalo bisa tolong di-posting ya!

Ivhan Stranger said...

Saya tertarik bngt bt programming pke java, msh learning jg tp niat mo coba2 bt satu program yg cool gtu, thnx bt artikelnya abang di pcmedia kemaren, ide bt pengembangan original gaming gtu sih ada, tp saya ngaku kalah soal grafisnya, maklum tangan ga seni bt art. Krn kesenangan yg bsr sm game RPG, saya pny obsesi skli wktu bs menelurkan jg game sederhana kyk pny abang tuh (of course minus grafis coz iq jongkok dstu...^x^)
Sukses slalu...

Nugroho said...

=====================================
#java yang mana ya.....
#haduuh... bingung...
#yang baru yg mana ya...
-------------------------------------
#haduuh... majalah pc media nya ilang lagi.....
#hiks...hiks...hiks...
-----------------------------------
#netbeans nya yang mana ya....
#java se
#java fx
#java
#C++
#complete
===================================

*nb: contoh bahasa pemrograman Ruby Syntax

rezki said...

wah asik pisan euyy..pengen pinter java. saya cuma punya 1 edisi majalah yg ada devilish children itu. jadi ga lengkap. mau atuh ajarin. sok sok anak bangsa, tetap berkarya yaaaa...

gadgetboi said...

(Worship) dah ... jagoanlah :) kutunggu game barunya ..