Welcome to HQ's Blog

Hello World! If you've visited this blog before, welcome back. Please help me what article do you like by give it a comment. But if you're new with this blog, please feel free to stay ahead for a shortwhile, to read my articles. I assure you will get something by read it carefully. Haha...

Ok ok... By the way, this blog belongs to me, Haqqi. Yeah, that is my nickname. If you want to know about me, please read the top sidebar titled "About Me". If you want to know MORE about me, please feel free to add my Messenger (xp_guitarist) and chat with me. I am Indonesian. My English is not so good, so please don't laugh if my 'syntax' is wrong. But sometimes I will post my blog in Bahasa Indonesia (I think most of them will).

The reason I create this blog is, I want to share everything I can share. From my experience, computer program I used, my algorithms and source codes, and some useful infos and tips. So, if you want to request something I can, feel free to ask. And if you also want to share me something, I always open my hand, haha. Anyway, WELCOME TO MY BLOG!

This site is best viewed with Mozilla Firefox with resolution 1024x800 or more

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

ANNOUNCEMENT!!!

This blog is dead!!! I moved it to my new blog in http://haqqi.net. Thank you for reading this blog. Hope you will read my new blog too.


2 Event Sukses di Tahun ke-2

Jul 4, 2009

Kesuksesan dengan perjuangan

Fyuh, saya benar-benar bangga dengan semua yang terjadi. 2 program kerja yang dulu saya rintis, tahun ini benar-benar terlaksana dengan sukses. Apa maksudnya? Ini ada hubungannya dengan masa lalu saya yang sempat jadi anggota BEM Universitas Ma Chung. Dulu, tahun pertama kuliah, karena gagal di pemilihan ketua HMP dan ketua angkatan, saya jadi "nyasar" di BEM, sebagai koordinator bidang professional skill. Dengan anggota yang "sedikit" kacau, saya coba rancang kegiatan yang kira-kira bisa dikerjakan secara berkelanjutan.

Ya, buat yang baca blog saya dari awal, pasti tahu kalau salah satu kegiatan itu adalah MaC-MathiC 2008, sebuah kompetisi matematika untuk tingkat SMA. Pada masa awal saya di BEMU, mungkin karena kurangnya kematangan konsep, kurangnya pengalaman baik dari saya dan panitia pelaksana, dan tidak adanya pembimbing yang berpengalaman, acara tahun itu jadi kurang perfect. Yah, tapi sangat baik lah untuk sebuah permulaan. Event besar kedua yang saya buat adalah Technopreneur Days, sebuah event yang menggabungkan konsep teknologi dan entrepreneur. Tapi sekali lagi, dengan kurangnya kematangan dari konsep dan pelaksana, event ini juga kurang all out.

Nah, parameternya apa kok bisa saya bilang kurang perfect dan kurang all out. Peserta. Ya, dari segi peserta, kedua event itu nggak memenuhi target yang direncanakan. Cuma itu saja. Tapi dari segi lain, dengan mempertimbangkan sisi-sisi lain, event tahun itu, di mana saya masih menjabat sebagai anggota BEMU, adalah awal yang sangat-sangat baik. Salut buat panitia pelaksana MaC-MathiC 2008 dan Technopreneur Days 2008.

Di tahun kedua, karena saya terpilih menjadi ketua HMP di prodi saya, otomatis saya nggak bisa jadi anggota BEMU. Jadi, ada orang lain yang menggantikan saya di posisi tersebut. Ternyata, meskipun orangnya berganti, dasar dari rancangan kegiatan nggak terlalu berubah. Mereka tetap berniat meneruskan kompetisi untuk anak SMA, dan technopreneur days untuk tahun 2009. Dan setelah melewati kedua event tahun 2009 itu, saya benar-benar sadar (lagi) kalau yang saya lakukan di tahun pertama itu nggak sia-sia. Benar-benar sebuah awal mula yang baik untuk semuanya.

Event kompetisi yang dulunya bernama MaC-MathiC 2008, tahun kedua itu berganti menjadi MaC-MaplE 2009, dengan penambahan subjek fisika, kimia, dan logika, selain matematika yang sudah ada. Di event tahun 2009 itu, saya terpilih menjadi SC (lagi), karena saya juga anggota BPMU. Ya, ada suka dukanya di kepanitiaan tentunya. Menghadapi bermacam masalah, dari segi dana sampai peserta. Awalnya kekurangan dana. Setelah berhasil mencari sponsor, giliran bingung karena kekurangan peserta. Sampai (kalau nggak salah) 3 hari sebelum hari H, peserta yang mendaftar sangat kurang dari target. Untungnya, entah bagaimana terjadinya, pada H-1, terjadi penambahan peserta sampai melebihi quota. Intinya, dari berbagai sudut, acara tahun 2009 itu bisa dibilang sukses besar. Saya benar-benar bangga pada panitia pelaksananya, meskipun karena suatu masalah (bisa di-tracking dari posting saya sebelumnya), saya jadi nggak all out di kepanitiaan itu. Tapi anyway, acara tersebut sudah terlaksana dengan baik.

Yang kedua, acara Technopreneur nggak ada perubahan nama, bahkan logo. Hanya saja tahunnya yang diganti, jadi Technopreneur 2009 dengan sedikit perubahan dan penambahan konsep. Adanya kompetisi untuk internal, maksudnya pesertanya adalah mahasiswa Ma Chung sendiri, membuat acaranya tambah inovatif. Tapi nggak sedikit pro-kontra dari acara tambahan itu, yang saya dengan dari beberapa orang. Kalau dari saya sih, dengan mengacu juga dari komentar orang lain, saya sedikit nggak sreg sama acara kompetisi itu. Ok, pertama-tama saya kasih tahu nama kompetisinya, yaitu Technopreneur Brainstorm Competition. Sebuah ajang business plan, intinya, cuma rancangan bisnis.

Hadiah yang diberikan untuk pemenang memang nggak kecil, juara pertama 20juta, kedua 15 juta, dan ketiga 10 juta. Tapi di situlah salah satu argumen saya muncul. Argumen pertama, karena uang hadiah itu dalam bentuk modal, mau nggak mau pemenang harus segera mengimplementasikan idenya. Lha padahal pemenang itu pasti kalo nggak semester 5 ya semester 3 masih. Terus, kalau mereka konsen di bisnisnya, gimana kuliahnya??? (Ini juga ngambil dari comment seorang dosen). Argumen kedua, sedikit kontroversial. Di event ini, panitia boleh ikut sebagai peserta. Lucu nggak??? meskipun tim juri bukan dari panitia, gimana-gimana kalau panitia yang jadi pemenang, pasti akan muncul masalah di belakang. Sejujur apapun panitia, ini lebih banyak efek buruknya, seperti yang dijelaskan waktu evaluasi akhir LK di Batu kemarin. Dengan berbagai pertimbangan selain argumen-argumen diatas (termasuk karena nggak dapat tim yang cocok), saya memutuskan untuk nggak ikut TBC.

Anyway, dari TBC, jumlah peserta kurang memenuhi target, tapi bisa dianggap sukses lah. Bagian yang nggak hilang dari Technopreneur sebelumnya adalah sesi seminar. Tema seminar kali ini adalah e-branding, berbeda jauh dari PDCA dan rancangan BEMU awal waktu diklat bareng dulu, yang mau dimasukkan unsur bioteknologinya. Ya memang ini terjadi karena ada "seseorang" yang paling berpengaruh yang menurut saya juga nggak bagus. Seminar kali ini, karena pak Romy Satria Wahono yang awalnya direncanakan sebagai pembicara nggak bisa hadir, sempat terjadi kebingunan di dalam kepanitiaan. Yang takut pesertanya kehilangan minat lah, yang takut nggak nemu pembicara lain yang kompeten lah, yang gimana lah.

Tapi seminar ini, yang baru terlaksana hari ini, 4 Juli 2009 di Universitas Ma Chung, saya lihat cukup sukses dari segi jumlah pesertanya yang memenuhi target. Pembicaranya juga nggak kalah bagus, yaitu pak Daniel Surya yang saat ini menjabat sebagai Managing Country dari Brand Union, dan pengganti pak Romy, yaitu Anang Supardi dari SAM Design. Panitianya, meskipun sempat terombang-ambing gara-gara sebagian besar jadi peserta TBC, tapi tetap kompak. Salut buat panitia Technopreneur 2009.

Secara pribadi, saya benar-benar menikmati sesi pertama. Pembicara benar-benar orang professional. Tapi saya sedikit kurang merasa nyaman di sesi kedua. Suara pembicara yang kurang enak didengar dan cara bicaranya yang sedikit-banyak "jayus". Dari pembicara pertama, saya jadi lebih termotivasi untuk abroad, keluar negeri, menikmati indahnya dunia. Meskipun karena tuntutan pekerjaan, saya yakin itu tetap menyenangkan karena memang pekerjaan yang disenangi.

Lumayan lah hari ini, wasting time tapi dapat motivasi di seminar. Sayangnya sampai sekarang, saya belum melanjutkan proyek saya. Aduh2, sudah jam berapa ini. Waktunya baca ebook lagi dan mulai coding. Jangan main typing maniac melulu.

2 comments:

Anonymous said...

sip, technopreneur dahsyat! klo menurutku lebih keren dari mac-maple, haha XD

-uMy-

Unknown said...

wah mas, saya baru aja kepikiran mo bikin acara kayak gini.

The Apprentice nya Donald Trupmh gitu. tapi masih bingung dengan konsep teknisnya.

Bisa tolong dijelasin detail acaranya gak mas ?

ato kalo mas punya ym saya bisa minta gak ? skalian sharing nih.

thanks