Welcome to HQ's Blog

Hello World! If you've visited this blog before, welcome back. Please help me what article do you like by give it a comment. But if you're new with this blog, please feel free to stay ahead for a shortwhile, to read my articles. I assure you will get something by read it carefully. Haha...

Ok ok... By the way, this blog belongs to me, Haqqi. Yeah, that is my nickname. If you want to know about me, please read the top sidebar titled "About Me". If you want to know MORE about me, please feel free to add my Messenger (xp_guitarist) and chat with me. I am Indonesian. My English is not so good, so please don't laugh if my 'syntax' is wrong. But sometimes I will post my blog in Bahasa Indonesia (I think most of them will).

The reason I create this blog is, I want to share everything I can share. From my experience, computer program I used, my algorithms and source codes, and some useful infos and tips. So, if you want to request something I can, feel free to ask. And if you also want to share me something, I always open my hand, haha. Anyway, WELCOME TO MY BLOG!

This site is best viewed with Mozilla Firefox with resolution 1024x800 or more

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

ANNOUNCEMENT!!!

This blog is dead!!! I moved it to my new blog in http://haqqi.net. Thank you for reading this blog. Hope you will read my new blog too.


Jalan Menjadi Programmer - Mas Arka dan Mbak Vidi

Mar 17, 2009

Pengalaman pertama saia ikut lomba algoritma

Sudah seminggu lebih saia nggak posting apa-apa. Memang sih lagi nggak ada ide dan nggak ada kejadian-kejadian bernilai yang ingin saia tuliskan di blog saia ini. Tapi yang lebih bikin nggak bisa posting sama sekali, adalah kegiatan yang baru pertama kali saia ikuti ini. Ya, kalau dilihat dari judul posting ini, udah keliatan kalau saia ikut lomba algoritma/programming yang diadakan oleh ITB, dengan nama Arkavidia.

Rencananya kan, posting tentang Jalan Saia Menjadi Programmer berikutnya harusnya membahas perjalanan saia satu semester bersama C. Tapi nggak papa lah, sedikit loncat, langsung saia bahas yang ini dulu. Mumpung masih fresh.

Lomba ini adalah lomba tim maksimal 3 orang. Dari kampus saia ada 5 tim, The Zeppelin, noobs sesek, diyige, bojer, dan terakhir tim saia, Clover. Saia satu tim dengan orang-orang papan atas prodi saia (termasuk saia, hehe... *congkak mode on*). Di lomba ini peserta dituntut untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan membuat algoritmanya. Nggak sekedar algoritma, tapi harus memenuhi batasan tertentu dan nggak boleh lewat time limit dan memory limit.

Selama seminggu lebih, sejak babak warming up, saia sudah dipusingkan dengan lomba ini. Jauh hari sebelumnya, saia sudah atur semua jadwal insidental, termasuk segala jadwal dengan band saia yang lagi ada beberapa jadwal manggung. Rencananya lomba ini mulai tanggal 8-14 Maret 2009. Tapi gara-gara ada sesi warming up yang diadakan tanggal 8-9 Maret 2009, babak penyisihannya diundur. Jadinya nggak bisa all out semuanya deh. Harus membagi diri dengan tepat.

Di babak warming up, panitia nyediakan 3 soal pemanasan. Saia sih anggap enteng aja, toh cuma babak warming up. Yang ingin saia ketahui cuma sistem perlombaan dan mekanisme pengumpulan jawaban secara online aja. Soal pertama dengan kode soal tribonacci, gampang banget. Perintahnya cuma disuruh mendapatkan bilangan dengan rumus T(n)= T(n-1) + T(n-2) + T(n-3) dengan T(1), T(2), dan T(3) = 1. Gampang banget kan?!? Tapi justru gara-gara babak warming up ini, saia naik darah.

Bayangkan, soal segampang ini, udah selesai saia kerjakan, saia cek berulang kali, terus saia submit online, status dari system benar-benar mencengangkan. Jawaban saia dianggap Wrong Answer, yang artinya jawaban saia salah. Gara-gara penasaran, seharian saia cuma buka source code soal ini. Sampai-sampai saia ke warnet yang sama 4 kali dalam sehari cuma buat nyoba submit lagi. Haha, pasti tukang parkirnya sampe hafal sama wajah saia ini. Dan tetap, respon dari system menyatakan jawaban saia salah.

Saia sampai ill feel sama lomba ini. Udah nyoba berbagai tipe data, nyoba utek-utek ulang algoritmanya, sampe-sampe ngebanting laptop (bercanda), tetep dianggap Wrong Answer. Waktu tanya ke panitia, selalu jawabannya seperti ini: di soal sudah jelas. Atau kalau nggak: baca soal lebih teliti. Nggak cuma saia yang nggak sukses submit. Semua tim dari kampus saia juga nggak bisa.

Untungnya selesai babak warming up ada pembahasan. Dan saia akhirnya tahu kesalahan super simpel saia. Ternyata sistem meminta adanya endline (ganti baris) di akhir output. Hamsyong!!! Saia langsung ketawa-ketawa sendiri. Benar-benar waktu saia sehari terbuang percuma hanya untuk utek-utek algoritma yang sudah benar, tapi cuma salah format output. Dasar panitia, nggak bilang dari awal.

Masuk ke babak penyisihan, yang dimulai tanggal 10 Maret 2009 jam 00:00 tepat, yang akan dilangsungkan selama 168 jam sampai tanggal 16 maret 2009 jam 23:59. Ada 12 soal yang jauh lebih sulit dari soal warming up. Dari babak ini akan diambil 30 besar untuk lanjut ke babak berikutnya. Hari pertama, hampir semua tim dari kampus saia sudah shock ngebaca soal. Apalagi setelah tahu kalau di hari pertama sudah ada tim yang submit 9 nomer dengan benar.

Semua entity (halah) dalam soal selalu bernama Mas Arka atau Mbak Vidi. Sampe-sampe muncul joke sendiri di status facebook teman-teman. Hari-hari berlalu, satu-persatu tim kampus saia mengangkat bendera putih. Dari tim bojer, menyatakan menyerah setelah ngelembur malam sabtu di rumah chipon. Tim noobs sesek, malah nulis di status facebooknya: Mas Arka, Mabak Vidi?? Sudah lupa tuh. Tim The Zeppelin, nggak menyatakan menyerah, tapi ya nggak nambah-nambah. Tim diyige masih lanjut. Tim saia pun juga masih lanjut.

Hari terakhir, Senin tanggal 16 Maret 2009, entah kenapa semua tim sedikit bangkit. Saia lihat di status submission online, jumlah submitnya nambah semua. Tim saia sendiri sampai akhir hanya bisa menyelesaikan 9 soal dari 12 soal, dengan kontribusi yang nggak seimbang. Saia sendiri cuma bisa murni selesaikan 2 soal, sedangkan rekan pertama saia 7 soal. Saia jadi malu sendiri. Emang sih, gara-gara anggota tim yang terlalu saia percaya, saia jadi sedikit "menjagakan". Akhirnya malah nggak semua effort saia curahkan. Sebuah pelajaran lagi untuk saia.

Tapi saia sedikit kecewa sama anggota tim terakhir, benar-benar nggak berkontribusi. Bahkan nggak terlihat respect sama lomba ini. Sebuah pelajaran untuk lomba berikutnya, hehe.

Tips: Kalau mau ikutan lomba tim, cari anggota yang tepat. Nggak harus yang hebat, tapi yang benar-benar niat. Dengan adanya niat, pasti paling nggak ada kontribusi moral. Dan kinerja tim pasti jadi lebih baik. Pelajaran juga untuk saia sendiri.

Tim saia submit 9, padahal peringkat 30 submit 11 nomer. Wah, kalau sudah begini tinggal berharap kalau tim-tim atas ada yang salah di suatu test case. Kali-kali aja ada kesempatan masuk 30 besar. Soalnya diantara semua tim dari kampus saia, tim saia yang submit paling banyak.

Kalau lolos 30 besar, bisa ada tantangan lagi. Kalau nggak, yah itung-itung pengalaman lah. Toh masih mahasiswa semester 4, tahun depan bisa ikutan lagi dengan persiapan yang lebih matang. Pinginnya sih, paling nggak sampai babak final di Bandung. Doakan aja lah...

2 comments:

Haqqi said...

Berita terbaru, hari ini pengumumannya penyisihan Arkavidia sudah keluar, dan tim saia masuk 30 besar di peringkat 20... Doain lolos sampai juara yah!!!

makha said...

mas haqqi subhanallah.. semangat sekali.. saya juga mau ikut lomba pemrograman nih,, tapi paling cupu kalo soal bahasa pemrograman,,, entahlah,, tapi saya mau belajar..