Welcome to HQ's Blog

Hello World! If you've visited this blog before, welcome back. Please help me what article do you like by give it a comment. But if you're new with this blog, please feel free to stay ahead for a shortwhile, to read my articles. I assure you will get something by read it carefully. Haha...

Ok ok... By the way, this blog belongs to me, Haqqi. Yeah, that is my nickname. If you want to know about me, please read the top sidebar titled "About Me". If you want to know MORE about me, please feel free to add my Messenger (xp_guitarist) and chat with me. I am Indonesian. My English is not so good, so please don't laugh if my 'syntax' is wrong. But sometimes I will post my blog in Bahasa Indonesia (I think most of them will).

The reason I create this blog is, I want to share everything I can share. From my experience, computer program I used, my algorithms and source codes, and some useful infos and tips. So, if you want to request something I can, feel free to ask. And if you also want to share me something, I always open my hand, haha. Anyway, WELCOME TO MY BLOG!

This site is best viewed with Mozilla Firefox with resolution 1024x800 or more

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

ANNOUNCEMENT!!!

This blog is dead!!! I moved it to my new blog in http://haqqi.net. Thank you for reading this blog. Hope you will read my new blog too.


Kemana Para Blogger Ma Chung?

Jul 5, 2009

Sebuah tanda tanya

Pertanyaan dengan kata-kata "kemana mereka semua?" muncul di otak saya. Kenapa? Saya miris melihat widget "My Friend's Blog" di blog saya. Dulu waktu awal-awal ngeblog, semua pada rajin nulis posting. Setiap minggu, ada aja posting baru yang menarik untuk dibaca. Setiap minggu, ada aja waktu untuk ninggal comment di blog mereka. Memang sih, hampir semua blog di situ punya teman-teman saya di kampus. Tapi itu malah muncul sebuah pertanyaan yang lebih besar, kenapa dampak "kemunduran posting" menjangkit blogger satu kampus?

Coba aja lihat gambar yang saya capture tanggal 5 Juli 2009 jam 1 siang. Blog yang paling update adalah punya globber, komunitas blogger Malang. Itupun selisih dengan posting sebelumnya juga cukup lama. Coba lihat yang bawah lagi, lumayan lah masih 2 hari. Tapi berikutnya, mulai 3 minggu nggak update, sampai yang 8 bulan. Mungkin sudah nggak ada mood nge-blog sih. Bahkan beberapa orang yang dulunya setiap minggu bise menelorkan lebih dari 2 posting saja, sekarang blog-nya nggak pernah ada update.


Tapi saya jadi pikir-pikir. Daripada menuh-menuhin list, apa mending saya hapus ya??? Lha tapi kalau nanti tiba-tiba nulis posting kan jadi nggak bisa up to date. Entahlah.

Alasan lain sih, beberapa blogger itu lebih suka posting di facebook daripada di blog mereka sendiri. Pertimbangannya, mungkin karena lebih banyak teman dekat yang baca daripada kalau diposting di blog luar, soalnya bisa langsung nge-tag teman yang ingin kita tunjukkan tulisan kita. Hm, wajar sih.

Saya coba mengaca ke diri saya sendiri. Akhir-akhir ini, memang saya juga jarang update posting. Mulai karena gara-gara kuliah saya yang penuh, kesibukan kerja saya yang meningkat, sampai pada kemalasan saya mengetik posting. Hwaha. Kenapa jarang posting juga, mungkin karena sebuah alasan lain yang sekarang sudah saya atasi. Yaitu munculnya keperfeksionisan saya. Saya jadi pilih-pilih topik kalau posting. Kalau nggak bagus, nggak mau posting. Padahal nulis posting yang benar-benar bagus itu lumayan sulit dan nggak jarang bikin berhenti di tengah-tengah.

Tapi mulai sekarang, apapun yang ada di otak saya, yang lumayan menarik meski nggak perfect, akan saya coba tulis. Karena setiap blog pasti punya penggemar, dan saya mencintai semua penggemar blog saya (kok jadi sok narsis gini, wkwkwk). Sudahlah, biarkan mereka yang bosan nge-blog tetap bosan. Saya akan coba meneruskan jejak blog saya yang paling saya cintai ini. Topik-topik berikutnya saya coba sedikit mengarah ke dunia pemrograman game. Sebelum itu, saya mau nulis artikel dulu tentang Game Engine, biar dapat pemasukan juga sih, soalnya artikel Devilish Children kemarin udah habis di seri ketiga. ^_^

2 comments:

^HaPpiLy uMy^ said...

humm...lagi demen posting note di fesbuk nih ;)
jadi blognya hibernasi dulu...hehehe

Anonymous said...

Hehehe ...

Iya, lagi pada banyak kesibukan diluar kampus. Klo gak salah mulai kurang sejak 2 minggu sebelum ujian akhir tuh.. Plus sekarang lagi liburan... hehehe

Termasuk saya nih, sudah sekitar 1,5 bulan belum posting.. hehehe ... tapi bentar lagi nih mau posting... hehehe ...

Yang penting tetap SEMANGAT bro. :D

Salam sukses dan luar biasa ... :D