Welcome to HQ's Blog

Hello World! If you've visited this blog before, welcome back. Please help me what article do you like by give it a comment. But if you're new with this blog, please feel free to stay ahead for a shortwhile, to read my articles. I assure you will get something by read it carefully. Haha...

Ok ok... By the way, this blog belongs to me, Haqqi. Yeah, that is my nickname. If you want to know about me, please read the top sidebar titled "About Me". If you want to know MORE about me, please feel free to add my Messenger (xp_guitarist) and chat with me. I am Indonesian. My English is not so good, so please don't laugh if my 'syntax' is wrong. But sometimes I will post my blog in Bahasa Indonesia (I think most of them will).

The reason I create this blog is, I want to share everything I can share. From my experience, computer program I used, my algorithms and source codes, and some useful infos and tips. So, if you want to request something I can, feel free to ask. And if you also want to share me something, I always open my hand, haha. Anyway, WELCOME TO MY BLOG!

This site is best viewed with Mozilla Firefox with resolution 1024x800 or more

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

ANNOUNCEMENT!!!

This blog is dead!!! I moved it to my new blog in http://haqqi.net. Thank you for reading this blog. Hope you will read my new blog too.

Papercraft Kedua - Macaw

Jun 7, 2009

Sehari posting dua kali

Haha, belum-belum udah kepingin bikin papercraft lagi. Barusan aja selesai bikin yang kedua. Kali ini sumbernya lain, dari websitenya yamaha. Model yang saya kerjakan adalah macaw, bisa dilihat di website tadi. Kenapa saya milih ini? Sebetulnya saya lebih suka ngerjain yang dari websitenya canon. Tapi berhubung kertas foto saya udah habis, sisa 2 lembar, jadi terpaksa nyari desain yang cuma 2 lembar. Soalnya yang dari websitenya canon hampir semua di atas 4 lembar, besar-besar sih. Awalnya sih mau ngerjain papercraft gitar, tapi saya lihat-lihat, potongannya terlalu kecil untuk pemula seperti saya.

Akhirnya, dengan sebuah referensi, saya mampir di websitenya yamaha. Lumayan banyak modelnya, terutama yang realistic motor cycle. Wuih, part-partnya lengkap dari setir sampai knalpot. Yang bikin nggak kuat selain detailnya yang menohok, kertasnya butuh 14 lembar. Haduh... Ngerjainnya bisa-bisa habis waktu seminggu penuh. Ya mending coding bikin game aja.

Alhasil, saya pilih model burung macaw. Awalnya kelihatannya gampang. Tapi ternyata bagian tersulit ada di kepala yang potongannya kecil dan nempelnya rumit banget. Jadinya nggak rapi deh, lebih buruk dari garapan yang penguin sebelumnya. Hasil jadinya jelaslah lebih kecil dari si penguin. Lihat aja di fotonya. Ngerjain ini juga sekitar 3 jam, saya kerjain dari jam 1an.
Aduh, jadi nggak belajar buat UAS besok deh. Udahlah, hari esok biarlah berjalan esok saja. Nggak usah terlalu dipikirin. Sekarang happy-happy dulu. Sambil menunggu redanya suasana untuk melanjutkan ice queen project. Haha... Kayaknya posting ini cukup sekian, saya cuma mau nampilin foto hasil garapan saya. See you all.
read more...

Papercraft Pertama - Penguin

Akhirnya papercraft pertama saya jadi

Setelah dengan halusnya meminta dibelikan printer infus ke ortu saya, akhirnya dibelikan juga. Cukup lama saya kepingin printer ini. Habis printer yang ada di rumah cuma printer lawas warna hitam yang sering error kalo nge-print. Emosi banget waktu pake printer itu. Keinginan punya printer warna meledak saat kepingin bikin papercraft. Ternyata permintaan saya dikabulkan ortu. Dikasih duit buat beli printer. Nyari-nyari printer yang beredar di pasaran, dapetnya epson T11. Lumayan lah, beli di toko langganan bisa selisih 60 ribu dari toko lain. Emang saya ini kalau nyari toko komputer murah bisa sampe pelosok-pelosok. Haha...

Ok, habis beli printer, saya langsung cari bahan buat papercraft. Karena ini papercraft pertama saya, saya pikir jangan yang sulit-sulit dulu. Lagian saya lupa beli kertas foto dan sisa kertas foto yang dulu tinggal 6 lembar. Alhasil habis cari di website-nya canon nemu yang penguin. Cukup butuh 4 lembar kertas foto, dengan jumlah potongan yang nggak terlalu banyak, saya putuskan untuk buat yang ini.

Wah, ternyata kalau masih pemula lumayan susah. Gara-gara udah lama nggak pake gunting, jadi harus membiasakan diri lagi. Saya ngerjain papercraft itu mulai jam 6 dan baru kelar jam setengah 10. Huft, hampir 4 jam pokoknya. Butuh ketelitian yang cukup tinggi. Salah motong sedikit aja, bisa runyam jadinya. Dengan tingkat keseriusan tinggi, saya ngerjain di ruang tamu, itung-itung ngotorin dikit. Oiya, sedikit sharing nih, ini alat dan bahan yang saya gunakan.

1. Gunting
2. Cutter
3. Penggaris besi
4. Kertas foto untuk nyetak pattern (disarankan kertas foto matte, atau glossy waterproof)
5. Lem (sebaiknya lem kayu rajawali, bisa lengket sempurna)
6. Otak (ini gak bisa dikerjain kalo nggak mikir, wkwkwk)

Kalau website tempat ambil patternnya, saya rasa udah saya share di posting tentang papercraft sebelumnya. Ya paling gampang googling lah, apa susahnya sih.


Selesai bikin, tenaga saya abis dan langsung ngantuk. Nggak sempat nge-foto waktu malam-malan, saya langsung naik ke kamar dan meniduri kasur tercinta. Paginya, langsung saya foto deh hasil papercraft pertama saya. Meski hasilnya nggak terlalu perfect cos cuma pake kertas foto glossy biasa. Untungnya yang agak tebel, meski warnanya dikit pudar. Ketelatenan sangat mempengaruhi hasil. Buktinya gara-gara kurang telaten, jadi ada lumayan bercak lem di badan si penguin deh. Kurang sip jadinya. Tapi gak papa, berikutnya setelah uas dan setelah beli kertas foto lagi, saya mau bikin yang 10 lembar. Paling nggak bikin maket forbidden city, haha...
read more...