Welcome to HQ's Blog

Hello World! If you've visited this blog before, welcome back. Please help me what article do you like by give it a comment. But if you're new with this blog, please feel free to stay ahead for a shortwhile, to read my articles. I assure you will get something by read it carefully. Haha...

Ok ok... By the way, this blog belongs to me, Haqqi. Yeah, that is my nickname. If you want to know about me, please read the top sidebar titled "About Me". If you want to know MORE about me, please feel free to add my Messenger (xp_guitarist) and chat with me. I am Indonesian. My English is not so good, so please don't laugh if my 'syntax' is wrong. But sometimes I will post my blog in Bahasa Indonesia (I think most of them will).

The reason I create this blog is, I want to share everything I can share. From my experience, computer program I used, my algorithms and source codes, and some useful infos and tips. So, if you want to request something I can, feel free to ask. And if you also want to share me something, I always open my hand, haha. Anyway, WELCOME TO MY BLOG!

This site is best viewed with Mozilla Firefox with resolution 1024x800 or more

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

ANNOUNCEMENT!!!

This blog is dead!!! I moved it to my new blog in http://haqqi.net. Thank you for reading this blog. Hope you will read my new blog too.


RX Cleaner - part 1

May 24, 2009

Game project bareng Mas Amri

Mumpung lagi semangat-semangatnya bikin game, jadi pingin posting juga nih. Udah lama banget nggak posting di blog tersayang ini. Habis lagi nggak ada kejadian menarik sih, atau kalau ada, nggak cukup worth (buat saya) untuk diposting di blog ini. Hiks, jadinya rasanya bulan ini bakal sepi posting nih. Ok, balik ke topik. Sesuai judulnya, sekarang saya mau cerita tentang salah satu game project yang lagi saya kerjakan. Game ini tetap saya kerjakan bareng teman saya yang jadi artist-nya. Konsep game ini pun juga dia yang bikin.

Sebenarnya sih ini sudah konsep game yang lama. Ceritanya dunia tempat hero bernaung, ketiban musibah (lebay). Ada alien yang mengambil sampah di dunianya (ok, lets call the world as "BUMI"). Alien itu membuat eksperimen dengan sampah-sampah yang dia kumpulkan. Sampah-sampah itu hidup, tapi sayangnya karena tetap sampah, jadi suka bikin onar. Sampah-sampah itu kabur ke bumi dan mengganggu perdamaian bumi. Sang alien merasa bersalah, tapi nggak mau bertanggung jawab, menyerahkan solusinya kepada seorang anak.

Anak itu diberi sebuah alat yang mampu menyedot sampah-sampah tersebut. Ada 2 alat penting, pertama adalah penyedotnya yang memiliki kapasitas tertentu, dan yang kedua adalah tempat sampah 4 dimensi yang nggak punya batas. Sayangnya karena syarat agar tempat sampah dapat digunakan adalah tempat sampah tersebut nggak boleh digerakkan atau dalam arti lain, tempat sampah tersebut nggak bisa dibawa-bawa. Dengan hanya dua senjata itu, dia diberi tugas menjaga perdamaian bumi dari sampah-sampah tidak bertanggung jawab.

Rancangan game ini rencananya bikin 10 fixed level dengan sistem tilemap. Karena saya suka pakai Java, ya saya bikin game ini pakai Java, dengan engine GTGE. Huft, kayaknya udah gembar-gembornya yah, padahal yang baru saya bikin waktu posting ini cuma main menu-nya aja. Tapi, karena saya sama sekali belum menyelesaikan game lain setelah Devilish Children, saya bertekad untuk menyelesaikan game ini. Aduh, padahal A* shortest path aja belum paham betul, ini udah gembar-gembor. Padahal GTGE juga belum dikuasai sepenuhnya.

Udahlah, positif thinking aja. Game ini harus selesai dan pasti selesai. Soalnya kalau ini aja nggak bisa, saya bakal malu menyebut diri saya sebagai developer game. Hahaha. Ok, pokoknya doain game ini selesai tepat pada waktunya. Soalnya game ini cuma setingkat game house dengan rating semua umur. Jadi saya harap semua orang bakal suka main game ini.

4 comments:

Landavia said...

cerita pembukanya seh bagus
tp kok kayak terlalu rumit untuk gamenya
mending sampahnya di injek2 aja trus otomatis bakal dibersihin sampahnya.

trus sampahnya sendiri pasti ada 2 tipe khan?

rezki said...

mas nulis di pc media juga ya? wah keren. saya ketinggalan baca (bag.1 edisi 05/2009) "know how" - yg game devilish children itu. ajarin mas. ada di artikel mana ya? thx (pemula nih hehe)

Haqqi said...

@rezki: iya. Kalau itu source code-nya ada di artikel Devilish Children. Search aja di blog ini. Tapi nggak ada artikelnya, soalnya itu sudah dipublikasikan di PC Media. Cari aja di toko buku besar2, biasanya ada 2 seri ke belakang...

Anonymous said...

q dukung dengan ide. he2..
kalo sempet q ke tempat mu... tapi smsi alamatnya..

http://yaminobu.wordpress.com