Welcome to HQ's Blog

Hello World! If you've visited this blog before, welcome back. Please help me what article do you like by give it a comment. But if you're new with this blog, please feel free to stay ahead for a shortwhile, to read my articles. I assure you will get something by read it carefully. Haha...

Ok ok... By the way, this blog belongs to me, Haqqi. Yeah, that is my nickname. If you want to know about me, please read the top sidebar titled "About Me". If you want to know MORE about me, please feel free to add my Messenger (xp_guitarist) and chat with me. I am Indonesian. My English is not so good, so please don't laugh if my 'syntax' is wrong. But sometimes I will post my blog in Bahasa Indonesia (I think most of them will).

The reason I create this blog is, I want to share everything I can share. From my experience, computer program I used, my algorithms and source codes, and some useful infos and tips. So, if you want to request something I can, feel free to ask. And if you also want to share me something, I always open my hand, haha. Anyway, WELCOME TO MY BLOG!

This site is best viewed with Mozilla Firefox with resolution 1024x800 or more

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

ANNOUNCEMENT!!!

This blog is dead!!! I moved it to my new blog in http://haqqi.net. Thank you for reading this blog. Hope you will read my new blog too.


Coding - Ganti Suasana

Apr 25, 2009

Sedikit tips untuk coding yang menyehatkan

Beberapa minggu ini, otak saya dipenuhi obsesi untuk mempelajari GTGE, sebuah engine game java buatan orang Indonesia sendiri. Tujuan utama saya adalah membuat satu game rpg dungeon sejenis chocobo dungeon atau pokemon dungeon. Memeang sebuah perjalanan yang panjang, tapi pasti kalau game ini selesai, akan ada kepuasan tersendiri.

Nah, karena saya sudah bertekad untuk menyelesaikan game ini, otomatis waktu-waktu luang saya penuh dengan aktifitas yang dinamakan coding, atau gampangnya, mengetik baris demi baris kode pemrograman ke dalam komputer. Itu berarti, mata saya harus berjam-jam menghadap layar laptop setiap hari. Bagi orang lain, mungkin beberapa jam saja di depan layar sudah membuat pusing mata. Tapi bagi saya yang dasarnya gamer yang udah terlatih untuk duduk berjam-jam di depan komputer, ya nggak ada masalah.

Meskipun begitu, ada satu halangan terbesar yang biasanya dihadapi hampir semua orang di semua jenis aktifitas, nggak cuma coding. Halangan tersebut adalah KEJENUHAN. Siapa coba yang nggak jenuh menjalani aktifitas yang sama terus, meskipun aktifitas tersebut bisa dianggap merupakan hobby. Semua pasti ada titik jenuh, begitu juga dengan coding.

Salah seorang teman saya bilang, orang IT sebaiknya jangan berhobby main game, soalnya nanti waktu menghadapi kerjaan jadi gampang jenuh memandang layar komputer. Dipikir-pikir ada benarnya juga. Apalagi kalau coding-nya di satu ruang yang sama melulu, pasti bosan. Itulah yang saya alami.

Saya sangat cinta coding. Waktu luang saya, sering saya habiskan untuk duduk di depan laptop di kamar saya yang ada di loteng tanpa cahaya alami matahari, hanya untuk coding atau main game saat jenuh. Tapi kedua aktifitas itu, meskipun dijalani bergantian, lama-lama juga menjemukan. Yang terjadi, malah coding-nya nggak efektif. Lha terus apa yang saya lakukan? Apa saya harus diam saja menjalani itu semua? Nggak.

Saya ambil alternatif lain, sekarang kalau lagi bosen coding atau lagi stuck, saya cuma main game beberapa menit. Kalau masih bosen, saya keluar jalan-jalan. Entah ke sekitar rumah, atau ke kampus nyari-nyari teman.

Tapi setelah saya pikir-pikir, begitu saya kembali ke kamar, yang ada hanyalah suasana yang sama. Yah, sama aja bo'ong, pasti cepet bosen lagi. Akhirnya saya coba cari suasana lain.

Berhubung saya punya laptop, saya coba untuk pindah tempat coding. Tapi kemana? Kalau ke kampus nggak ada tempat yang nyaman. Di rumah teman, ya pasti nggak konsen. Terus saya punya ide lain. Mumpung sekarang lagi jaman-jamannya warkop yang dilengkapi fasilitas wifi, saya coba aja deh. Karena dilengkapi wifi, otomatis wajar kalau nongkrong berlama-lama di warkop sambil buka laptop, entah mau ngapain aja.

Hasilnya, saya ketagihan coding di warkop. Selain bisa melihat cahaya matahari dan jalanan yang rame, orang yang ada di warkop pun juga ganti-ganti. Sayangnya sampe saat ini belum ketemu cewek cakep, haha... Isinya cowok semua bro. Warkop yang biasa saya tongkrongi itu di dekat rumah saya sendiri. Yah, walaupun koneksinya nggak bisa dibanggain, paling nggak suasananya lebih nyaman dibandingkan kamar saya yang penuh godaan lah (main gitar, tidur, ngelamun). Di warkop ini juga, udah 2 kali menyaksikan kecelakaan di jalan raya depan warkop. Rada serem juga ternyata daerah ini.

Inilah yang saya maksud di judul, ganti suasana. Kalau udah berganti suasana gini, semangat coding tumbuh lagi. Yang nggak cocok cuma satu, karena warkop ini bukan milik pribadi, biasanya ada orang-orang yang dengan tenangnya merokok di dalam warkop. Nggak salah sih, cuma akhir-akhir ini saya sering pusing kalau ngisep asap rokok, padahal dulu nggak loh. But anyway, saya enjoy sekali coding di tempat yang ada sandarannya gini, dan kalau siang nggak panas, nggak kayak kamar saya yang serasa di dalam oven kalau siang.

Bagi yang suka coding, saya rasa tips ini bisa jadi salah satu alternatif kalau lagi jenuh seperti saya sekarang ini. Jelas akan menyehatkan otak karena otak nggak terlalu jenuh. Siapa tahu juga menyehatkan mata kalau-kalau ada cewek cakep nongkrok juga. Hehe... Silahkan dicoba!!!

4 comments:

Mutiara Aisyah said...

Wah, dulu gada internet d rumah rasanya pingin bgt ngenet d rumah. Skarang udh pasang d rumah, malah pingin cari suasana lain... begitulah manusia...^^

Anyway, ngenet d cafe emang seru sih,, lebih banyak inspirasi, walopun kudu berusaha biar ga kehilangan konsentrasi...

eh, d dkt rumahmu yg d sebelah mana c cafenya?

god name goes online said...

bagus anda punya pikiran seperti itu
tp sayang tidak untukku

aq dah ngak mampu bikin game.. bahkan bikin game under PHP aja ngak mampu

duduk di kafe? kapan2 gw coba.. tp kl duduk sendirian malah bawaannya bengong

Haqqi said...

Eh, kenapa mas udah gak mampu bikin game?? Ya duduk ndirian sambil bawa laptop lah. Kan bisa online juga, browsing2 gitu.

Landavia said...

hehehe.. sry.. yg jawab orgnya beda
soalnya gw dapet ide buka duduk di kafe tp sambil naik m otor