Welcome to HQ's Blog

Hello World! If you've visited this blog before, welcome back. Please help me what article do you like by give it a comment. But if you're new with this blog, please feel free to stay ahead for a shortwhile, to read my articles. I assure you will get something by read it carefully. Haha...

Ok ok... By the way, this blog belongs to me, Haqqi. Yeah, that is my nickname. If you want to know about me, please read the top sidebar titled "About Me". If you want to know MORE about me, please feel free to add my Messenger (xp_guitarist) and chat with me. I am Indonesian. My English is not so good, so please don't laugh if my 'syntax' is wrong. But sometimes I will post my blog in Bahasa Indonesia (I think most of them will).

The reason I create this blog is, I want to share everything I can share. From my experience, computer program I used, my algorithms and source codes, and some useful infos and tips. So, if you want to request something I can, feel free to ask. And if you also want to share me something, I always open my hand, haha. Anyway, WELCOME TO MY BLOG!

This site is best viewed with Mozilla Firefox with resolution 1024x800 or more

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

ANNOUNCEMENT!!!

This blog is dead!!! I moved it to my new blog in http://haqqi.net. Thank you for reading this blog. Hope you will read my new blog too.


P-r-E-s-S-u-R-e

Dec 5, 2008

Pressure means tekanan, tapi saia akan pakai kata-kata pressure saja

Ada apa dengan pressure? Apa ada hubungannya dengan posting sebelumnya? Apa ada hubungannya dengan dia? Apa ini? Apa itu? Apa-apa-apanya donk? Tunggu dulu, kalau anda adalah dia, maaf, ini bukan bermaksud menyalahkan anda, tapi ini sebagai salah satu cara untuk menunjukkan BETAPA BERARTINYA ANDA. Kembali ke topik, isi posting ini tentu saja berhubungan dengan pressure yang saia alami, baik mental maupun fisik. Tapi semua itu berawal dari saia sendiri. Sumber utama pressure yang terjadi pada saia adalah buruknya time management saia akhir-akhir ini, ditambah dengan lemahnya saia dalam menipulasi perasaan.

Apa saja pressure yang terjadi pada saia? Sebagian besar pressure berhubungan dengan kewajiban saia yang belum terselesaikan. Dan parahnya, deadline tugas-tugas itu hampir bersamaan, dalam waktu dekat ini. Padahal saia juga harus menjaga image saia yang sedang berada di atas ini. Saia jadi lebih sadar, bahwa berada di atas juga ada pressure tersendiri, yang lumayan berat juga. Sedikit flashback, sebenarnya semua pressure yang terjadi saat ini sudah sering saia alami. Dan kenyataannya semua bisa saia lewati, dengan sedikit lari dari pressure tersebut. Pertanyaannya, lari kemanakah saia?

Sebelum saia jawab kemana saia lari, saia akan menceritakan apa saja pressure yang saia alami. Tunggu, saia coba ingat-ingat dulu. Ok, dari yang efeknya ringan dulu, tugas mata kuliah Sistem Informasi. Saia dapat jatah presentasi pertama yang akan diadakan hari kamis minggu depan. Nilai yang dipertaruhkan pun nggak main-main, nilai kuis besar blok 4. Padahal nilai kuis saia sebelumnya juga nggak terlalu bagus. Jadi mau nggak mau saia harus all out di akhir-akhir ini. Kedua, tugas mata kuliah Struktur Data. Kalau nggak salah, tugasnya berupa project yang sampai saat ini saia nggak tahu disuruh ngapain. Deadline-nya pun nggak jauh-jauh, tanggal 15 bulan ini.

Tugas berikutnya, yang nggak kalah besar pertaruhannya, tugas mata kuliah Algoritma. Saia sudah menyerahkan proposal project yang ternyata cukup sulit kalau dikerjakan hanya dalam waktu 2 minggu saja. Sebenarnya saia sudah berencana nyicil mulai bulan lalu, hanya saja... ya karena perasaan saia melalaikannya. Padahal, bobot tugas ini adalah nilai UAS semester ini. Bayangkan kalau saia nggak berhasil menyelesaikan tugas ini, pasti nilai saia anjlok. Walaupun sebenarnya saia masih bisa ikut UAS reguler, saia nggak bisa jamin nilai saia bakal bagus kalau saia ikut UAS reguler. Jadi mau nggak mau saia harus selesaikan tugas ini. Di tambah lagi saia juga dapat jatah presentasi minggu depan, pada hari yang sama dengan presentasi Sistem Informasi. Nilai yang diambil juga kuis besar blok 4. Aduh, berat juga yah.

Masih berhubungan sama kuliah, saia merasa kemampuan saia menurun. Mata kuliah bahasa mandarin contohnya, saia hampir nggak ngerti sama sekali apa yang diajarkan. Beda sekali dengan semester lalu, dimana saia bisa berdiri sendiri menghadapi mata kuliah ini. Sekarang, saia harus bergantung sama teman saia yang notabene lebih bisa dari saia. Nggak cuma mata kuliah ini, di sebagian besar mata kuliah saia merasa mengalami penurunan. Nilai saia nggak sebagus yang lalu. Padahal saia sudah target nilai saia akan naik lagi dari semester lalu. Tapi saia masih beruntung nilai saia masih ada di jajaran atas, walaupun bukan yang teratas.

Cerita di atas adalah pressure saia yang berasal dari samping, dan dari saia sendiri. Berikutnya adalah pressure dari atas, dari posisi yang lebih tinggi. Saia berada dalam struktur keorganisasian lembaga kemahasiswaan universitas saia. Dan posisi saia juga nggak main-main. Pressure apa yang membuat saia merasa stress? Saia harus menyelesaikan beberapa tugas saia sebagai anggota organisasi. Sebenarnya tugasnya nggak terlalu berat, hanya saja saia nggak bisa konsentrasi dalam mengerjakannya, akibat dari pressure yang lain dan pressure perasaan saia. Padahal tugas ini juga harus cepat-cepat diselesaikan. Aduh, nambah lagi.

Apa juga ada pressure dari bawah? Ya jelas. Saia harus mengawasi dan membimbing panitia yang ada di bawah struktur saia. Saia harus selalu mengikuti rapatnya, padahal banyak yang harus saia kerjakan di luar sana, banyak sekali. Dulu saia merasa enjoy mengikuti rapat. Tapi sekarang dengan adanya pressure perasaan ini, saia nggak bisa konsentrasi sama sekali.

Pressure lainnya, yang harus selesai sebelum tanggal 20 bulan ini, adalah saia diajak untuk mengisi acara pernikahan sebagai pemain akustik. Acara seperti ini tentu saja saia dituntut harus memainkan lagu yang sebelumnya sama sekali nggak pernah saia mainkan, bahkan sekedar saia dengar. Saia harus sering-sering latihan, padahal masih banyak yang harus saia kerjakan. Sementara sekali lagi saia katakan, akhir-akhir ini saia sulit sekali konsentrasi, karena selalu kepikiran masalah pressure perasaan saia.

Masih banyak pressure lain yang nggak bisa saia tuliskan. Kembali ke inti, sebelumnya saia kan bilang bahwa selama ini saia mampu melewati pressure yang seperti ini. Dengan cara apa? Saia dulu selalu tenang dalam menghadapi masalah. Saia pasti menemukan solusi dengan sedikit berpikir lebih dalam. Kadang-kadang melah harus memaksa saia melepas pressure saia sesaat untuk berpikir dan mengatur nafas saia. Walaupun saia juga nggak bisa pungkiri bahwa pressure saia kali ini merupakan pressure yang paling berat. Tapi harusnya saia bisa, kenapa sekarang nggak bisa? Kembali ke masalah berpikir lebih dalam. Mungkin penyebab kali ini adalah saia nggak bisa konsentrasi dalam berpikir. Setiap ada waktu untuk berpikir, selalu dia yang terbayang. Benar-benar nggak bisa konsentrasi. Dulu saia bisa lari sesaat dari pressure. Walaupun pressure datang dari atas, bawah, dan samping, saia masih bisa lari ke dalam diri saia, berbicara dengan diri saia yang satu lagi, berpikir dan mencari solusi. Tapi sekarang, setiap saia lari ke dalam diri saia, saia selalu menemukan dia, dia yang telah menutup hatinya. Waktu tidur saia pun jadi nggak karuan, karena setiap menjelang tidur, selalu ada bayangan dia. Saia bahkan bisa terjaga sampai setengah 4 pagi. Sesuatu yang jarang sekali terjadi pada saia. Ternyata dia memang berarti bagi saia. Bagaimana dengan dia?

4 comments:

Anonymous said...

wadaw, manusia normal dg asmara yg normal juga ternyata:)

....

aku ganti kata pressure-mu dg prioritas. tak ada beban yg tak ada hikmahnya kecuali kita hanya berburuk sangka padaNya. justru ini adalah anugrah yg harus disyukuri karena tdk semua org dapat kesempatan dan merasakan beban ini.

...

untuk prioritas lebih baik dahulukan mana yg punya manfaat banyak bg orang lain.
...

BanyuBiru's Quote:"semakin banyak hal yg kita cari maka semakin tak ada sesuatu yg kita dapatkan"

^HaPpiLy uMy^ said...

hmm...maybe it's not 'pressure', but 'challenge'...hehehe take it easy, Senpai^^

Mutiara Aisyah said...

That's Life...

U'll find what's beyond those things...

just enjoy it,,,^^

Haqqi said...

Thanks all...

BanyuBiru's Quote:"semakin banyak hal yg kita cari maka semakin tak ada sesuatu yg kita dapatkan"
-> sedikit aku ubah
"Semakin banyak hal yang kita cari maka semakin banyak hal yang tidak kita dapatkan" (jadi bukan sama sekali tak ada)

Tapi itulah dunia. Saia masih harus menjalaninya. Dan saia pasti bisa.